Raja Ampat, Papua


Kabupaten Raja Ampat memiliki potensi wisata bahari yang sangat potensial. Keindahan yang dapat dinikmati adalah pantainya yang berpasir putih dan air laut yang jernih sehingga dapat melihat langsung kehidupan bawah lautnya tanpa harus menyelam. Pantai Raja Ampat termasuk ke dalam rangkaian gugusan pulau yang berlokasi di bagian barat pulau Papua, dengan empat pulau utamanya yaitu Pulau Waigeo, Salawati, Batanta serta Misool. Raja Ampat atau "Empat Raja" adalah nama yang diberikan untuk pulau-pulau tersebut.

Raja Ampat terkenal dengan biota bawah laut yang beraneka ragam serta ribuan species ikan dan terumbu karang  terindah di dunia. Jadi apa yang membuat Raja Ampat begitu istimewa? Raja Ampat terletak di segitiga karang dunia (coral triangle). Lokasi inilah yang membuatnya begitu istimewa karena segitiga karang dunia merupakan pusat keanekaragaman hayati dunia.



Segitiga karang dunia itu meliputi wilayah Indonesia, Philipina, Malaysia, Timor Leste, Papua New Guinea dan Kepulauan Salomon. Garis batas wilayah terumbu karang di ke-6 negara menyerupai segitiga, itu sebabnya wilayah tersebut dikenal sebagai segitiga karang dunia. Jika Hutan Amazon dikenal mempunyai keanekaragaman spesies terbanyak di dunia, maka dapat kita analogikan bahwa Raja Ampat adalah Hutan Amazon-nya dunia bawah laut.
by: Fikria4591, Katty4599, Ninda4577

2 komentar:

  1. itu kenapa warna tulisan beda ? ada yang gelap ada juga samar-samar?

    Gates 4581

    BalasHapus

Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Postingan Populer

Pengikut

Mengenai Saya

Foto Saya
Marliya R. Yaas (10.11.4569) | Ninda Khana A (10.11.4577) | Fikria Rifdania R (10.11.4591) | Katty Rossyanna (10.11.4599)

Copyright © / Warisan Dunia

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger